Sabtu, 23 Juni 2012

Hal-hal apa saja yang mesti disiapin sebelum Skripsi

Baru-baru ini gw dengar kabar dari pihak terpercaya di kampus, bahwa gw beserta team S1 yang lain akan mulai skripsi bulan depan. Sumpah kaget bukan kepalang  dengar kabar ini. Perasaan kayak baru kemaren gw ngumpul dengan mereka-mereka, kayak baru aja kemaren kena remed logika lanjut(salah 1 mata kuliah) bareng-bareng & kerasa baru kemaren juga si udin push up di kelas.


Tapi apapun yang baru kemaren itu, sekarang gw berserta temen-temen S1 yang lain sedang menatap ke depan….demi mengejar satu kata LULUS, dengan titel S.Kom(Sarjana Kompor).
Hari ini gw lagi baik. Gw mau sharing tentang hal-hal apa saja yang kudu disiapin sebelum mulai skripsi, ini sih berdasarkan pengalaman gw aja waktu nyusun Tugas Akhir di D3 tahun 2008(bukan bermaksud menggurui, tapi sekedar berbagi pengalaman).

Oke, langsung aja kita simak hal-hal musti disiapin sebelum skripsi, cekidot :

1. Laptop/PC

Benda sakti ini harus ada waktu bantuin kita skripsi, bahkan hukum-nya fardhu alias wajib. Karena dijaman sekarang ini kurikulum pembuatan skripsi pakai mesin ketik ngembat di kelurahan sudah dianggap melanggar hukum. Fungsi benda ini ngebuat tulisan skripsi kita rapi & meminimalisir kesalahan2  yang bisa terjadi di mesin ketik.  Selain itu fungsi dari laptop/PC bisa balikin pikiran kita  fresh lagi setelah pening & kunang-kunang mikirin nyusun skripsi, dengan cara memutarkan koleksi pribadi film-film adul.

2. Printer

Ibarat pasangan emas Nankatsu, Tsubasa & Misaki….Printer adalah tandem sejati Laptop/PC di masa perjuangan bikin skripsi, dua benda ini  saling melengkapi satu sama lain.
Laptop/PC -> tempat ngetik skripsi yang lugas, tajam & terpercaya
Printer -> memberi output ketikan dari Laptop/PC yang biasa kita kasihin ke penguji di sidang nanti.

3.Pulsa
kok pulsa?....begini nih pertanyaan yang timbul kalau enggak tahu fungsi pulsa sebenar-nya dalam bikin skripsi. Dalam hal ini pulsa penting buat ngenet. Dengan memiliki pulsa yang banyak kita bisa ngenet & nyari referensi-referensi mengenai skripsi yang lagi dibuat.

4. Pacar
Dijaman bikin skripsi seperti ini kalian harus punya partnership yang bisa memotivasi & memompa semangat kalian. Cara-nya masbro?yak cari pacarlah…..coba diperhatiin lebih jeli deh, manusia pasti pernah mengalami masa-masa jatuh & down, disinilah fungsi pacar berperan manis dengan suport-suport-nya.
Lewat pacar juga kalian bisa berbagi keluh kesah selama buat skripsi. *Tapi dengan catatan jangan terbuai dengan nikmat-nya cinta. Inilah 2 sisi cinta, bisa memabukan & juga bisa mengangkat moril.

5. Temen
Temen sama penting-nya dengan pacar. cuman beda-nya dengan pacar yang ngasih suport &  dukungan moril, sedangkan temen adalah orang yang senasib, sepenanggungan, & seperjuangan dalam meyelesaikan skripsi. O…yak sekedar info memilih temen dalam skripsi :
·          - Jangan pilih temen yang suka mabuk-mabukan,
·          - Jangan pilih temen yang suka judi bola,&
·          - Jangan pilih temen yang suka ngutang 
apabila kalian melanggar hal-hal diatas, dijamin nanti wisuda kalian akan terhambat & MADESU(masa depan suram).

6. Mental
Soal ini pasti lah yak. Karena dalam menyusun skripsi kita akan dihadapi berbagai macam perasaan yang tumpah ruah. Kadang kita bersemangat, kadang juga down kena revisi-revisi terus. Jadi sangat amatlah penting mental harus dikuatkan, dengan cara berusaha & berpasrah diri sambil meminta perlindungan dari yang maha kuasa agar dijauhkan dari marabahaya kegagalan skripsi.

Kayak-nya itu aja dulu pesan-pesan gw mengenai persiapan sebelum mulai skripsi. Semoga bermanfaat buat temen-temen yang berbahagia. Semoga S1 angkatan 2010 bisa lulus bersama tanpa ada yang ketinggalan gerbong wisuda. Akhir kata wassalam.


Salam cenat-cenut

Adi  Morgan

1 komentar: