Sabtu, 23 Juni 2012

Belajar Bersungguh-sungguh, Ikhlas, & Bersyukur

Dulu waktu masih kerja, gw mau beli apa aja selalu bisa, misal beli kaos distro-distroan, sepokat, beli novel langsung 3 biji juga nggak masalah. kagak pake mikir berapa tuh harga barang, pokok-nya beli begitu gajian. Jelek-nya gw nganggep duit ini boleh hasil keringet, tangan, pikiran, & tenaga yang gw kerahin..…gw lupain skenario apik dari tuhan supaya tuh rizki nyampe ke tangan hamba-nya. Pada bagian ini gw mulai takabur.



Waktu masih seneng itu gw lupa darimana gw bermula. Gw mulain pake duit untuk hal-hal kurang berguna. Tanpa sadar betapa susah-nya  dulu sebelom dapet kerja, untuk beli ini ituh harus ngumpulin dari sisa duit jajan.

Nah…..sekarang gw kepentok……gw udah enggak kerja, udah enggak bisa ngasilin duit, malahan sekedar ngumpul  sambil makan bareng temen gw minta di traktir, serta pelan-pelan kepercayaan teman-teman gw mulai mudar karena sikap gw yang dulu suka nyiain kesempatan yang diberikan. Gw tahu ini adalah efek dari perbuatan-perbuatan gw terdahulu, gw lagi dijewer sama tuhan supaya bersyukur atas rizki & lebih ngejaga kepercayaan orang-orang yang care terhadap gw.

Waktu seneng dulu gw diberi “ujian kemudahan” sama tuhan, sampe akhir-nya gw lupa mensyukuri pemberian-nya & enggak inget untuk “bersihin” tuh duit. Dari pelajaran-pelajaran diatas gw berkesimpulan :

“kadang tanpa disadari, dikasih cobaan kemudahan itu lebih berat daripada cobaan kesusahan. Saat dikasihi kesusahan umpama sakit,  kita mendekatkan diri ke tuhan & memohon agar penyakit ini diangkat. Tapi begitu dikasih kemudahan(banyak duit), kita khilaf & mulai songong….hanyut dengan kemudahan & kagak inget tuh duit pemberian siapa”.

Sekarang gw coba belajar berpositif thingking atas hal-hal yg gw alamin. Gw anggep tuhan lagi nilai gw buat lewatin kesusahan ini, dengan tujuan apakah gw sudah pantas dititipin rezeki?.  Gw yakin bisa lalui kesusahan ini, karena tuhan enggak akan ngasih cobaan ngelebihin batas kemampuan hamba-nya. Terus mengenai masa depan gw yang belom dapet kerja lagi, gw yakin tuhan selalu bertanggung jawab atas segala keadaan hamba-nya yang sudah bersunguh-sungguh.

*Bersungguh-sungguh, Ikhlas, & Bersyukur 3 hal yang harus gw pelajari supaya nanti enggak ngulangin kesalahan yang sama dikesempatan berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar