Selasa, 11 Maret 2014

Kenapa Air Mineral Kemasan disebut AQUA?

Jumpa lagi, lagi-lagi kita berjumpa. Sebelum postingan ini di terbitkan, masyarakat luas sering bertanya-tanya entah itu di dalam sanubari mereka atau mereka langsung tanyain pada guru, dosen, ustadz, atau orang-orang yang dianggap pintar.

Sebenarnya apa sih yang mereka tanyain?

Pertanyaan diatas boleh dibilang pertanyaan sangat menusuk hati kebanyakan orang, padahal merknya belum tentu Aqua, mungkin Ades, Vit, dan lain-lain. Apapun merk kemasan air mineral hampir pasti disebutnya Aqua. Coba kamu makan di tempat umum atau kafe, pas ditanya minumnya apa? kamu akan menjawab Aqua saja, maka pelayan akan menghidangkan air mineral kemasan yang merknya belum tentu Aqua.

Lucunya sekarang, sebuah produk (merk/brand) sekarang menjelma menjadi nama suatu barang. Aqua (merk/brand) dianggap identik dengan air mineral. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Air mineral adalah ‘jenis barang’, sedangkan Aqua hanya salah satu merk dari merk-merk lainnya(dari banyak lainnya) untuk jenis barang tersebut.

Terus kenapa bisa begitu?

Aqua menggambarkan kesejukan
 
Aqua selalu berhasil menggambarkan kesejukan yang suci. Kalo kamu minum air mineral merk lain dan kamu sebut itu aqua, pasti air yang mineral yang masuk ke dalam kerongkongan kerasa sejuk "maknyusss" gitu. Ini sesuai image yang mereka bangun, "Aqua berasal dari sumber mata air yang terpilih dengan segala kemurnian dan kandungan mineral alami yang terpelihara". Because what  mereka berani sebut ini murni, karena apa-apa yang berasal dari alam selalu bisa memberikan ke-original-an tiada banding.

Positioning dalam bentuk ekstrim
Ruang Bilik Otak
Seolah-olah di dalam ngotak kita itu ada ruang khusus yang spacenya besar dan nyaman untuk sebuah produk, dan dari sekian banyak produk sejenisnya lagi berdesakan disebuah bilik yang kecil pengap tak terurus dan terletak diujung belakang. Ini bukan karena omset/penjualan dari Aqua yang tinggi, tapi tentang [dominasi] persepsi.

Fenomena
Mempergunakan merk/brand dagang tertentu untuk menggambarkan benda apapun yang berasosiasi dengan produk tersebut disebut Metonimia. Fenomena Metonimia ini terjadi karena gencarnya promosi produk tersebut sampai-sampai melekat dalam alam bawah sadar seseorang. Bisa juga produk tersebut adalah pelopor dikelasnya. Biasanya yang pertama kali diingat orang adalah yang pertama kali keluar.

Jadi, kesimpulannya apa?

Buat kamu yang sampai saat ini masih nyebut nama air mineral kemasan dengan Aqua, mulai sekarang kamu harus stop nyebut merk aqua untuk air mineral kemasan, karena hal itu bikin mereka makin terkenal. Serta, buat kamu yang mau usaha dan sedang punya usaha air mineral(air galon isi ulang), berhenti deh nyebut air mineral kemasan pakai nama Aqua, bilang aja air minum biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar