Sabtu, 15 Oktober 2011

Nyari gawe bagian LIMA

Juni 2009 
Kata orang hidup jadi pengangguran ituh bagaikan gembel. Kerjaan tiap hari cuman liatin isi perut dompet yang keroncongan. ngenes. Kalaupun ada kerjaan di waktu senggang paling cuman godain cewe sambil ngegenjreng gitar bareng temen-temen gembel lain-nya.

Saat ini gw sedang mengalami cobaan. Belum dapet gawean sementara temen seangkatan udah pada gawe, padahal dulu kita nyari gawe-nya bareng-bareng. Mau jadi apa gw nanti kalo begini terus. Untuk itu, gw harus segera gawe. Harus segera.

Pandangan gw tertuju disebuah Bengkel & showroom di salah satu Kawasan cikarang. yapz gw lagih coba ngelakuin kegiatan yang lebih susah daripada nebak kapan cinta fitri season berikut-nya mulai?. yoi pace.....!!! gw lagih usahain dapet gawean alias lagih ngelamar gawean


PT. Bengkelan
Setelah kegagalan demi kegagalan yang gw alamin, sampailah gw pada panggilan interview berikutnya di PT. Bengkelan, Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif.

1.Interview

Berdasarkan pengalaman yang udah-udah biasanya pertanyaan yang akan dilontarkan pada season ini.

"kenapah kamu tertarik dengan posisi inih?"

gw pun mempersiapkan diri sedari rumah jikalau pertanyaan ini keluar dan benar juga, kalimat sakti inih keluar pada saat gw sedang interview. karena gw uda siap dengan kondisi inih.

"ya, sayah tertarik dengan bidang-nya pak. otomotif" keliatan mantap bukan?

"Hmmm..!!" si bapak interview keliatan lagih mikir, "apa yang kamu tahu tentang mobil?"

"...ada roda-nya?"

"Hmmmm...." mata si bapak mendelik

"oh, eh ituh, maksud sayah kendaraan bermesin besar dengan roda sebagai sarana penggerak-nya, pak" untung buru-buru gw sanggah

sisa-nya, interview ini berjalan oke sih menurut gw.. di akhir proses interview inih si bapak bilang

"nanti kami akan kabarin seminggu lagih apakah anda lulus atau tidak"


2.Psikotest
Alhamdulilah, Akhirnya gw lolos juga menapaki level psikotest. Pada level inih gw dihadapkan pada soal tambah-tambahan. Kalo cuman tambahan angka mah cipil buat gw. tapi ngitung-nya kagak boleh pake kalkulator.

begituh kertas soal dibagikan, ternyata sodara-sodara sekalian. kertas soalnya segede gaban. 2 kali kertas koran Kompas.

5 menit pertama, masih nyantai alias lancar. setengah jam berikut-nya nambahin 8+9 udah kaya nguber maling kutang. sejam kemudian saraf otak gw udah siap putus mendadak. mulai memasrahkan diri pada ilahi.


3.Test Skill

Ditahap ini gw diuji untuk mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan administrasi menggunakan Ms. Excel. Asli gw bukan tukang ngapal yang baik terutama rumus-rumus excel yang panjang. Alhasil test ini gw lewatin dengan sekena-nya aja tanpa perlu maksain otak kerja lembur, yang penting apa yang diinginkan soal bisa kesrempet.


4.Persentasi Program

Karna pernah nyantumin di dalem CV bahwa gw pernah bikin program. Akhirnya Di level inih gw disuruh mempersentasikan program yang pernah gw buat. Bener-bener ngerepotin banget persentasi inih, gw disuruh dateng 3 jam setelah pihak HRD nelpon & hari itu juga. Lu bayangin ajah gw lagih menang banyak  ngadu semut bako, eh di telpon......tapi demi gawean yang gw idam-idam-kan gw belain.


5.Kesehatan
Enggak nyangka ituh kata yang bisa gw gambarkan sampe di level inih. Disuruh dateng & langsung dikasih surat rujukan ke sebuah Rumah Sakit untuk melakukan otopsi Cek-up kondisi tubuh. Mulai dari mata, tekanan darah, tinggi badan, berat badan, & cek darah. Tahap inih adalah tahap terakhir dari semua sesi test yang berkepanjangan, kalau gw lolos dari inih berarti pintu surga udah dibuka lebar-lebar.


           1 Juli 2009, Akhir-nya gw ketrima jadi pegawai di PT. Bengkelan inih. Perasaan gw setelah melewati beberapa test jahanam tersebut hingga akhinya lulus, Gw merasa jadi manusia sepenuh-nya. Rasa-nya tuh kaya ada rongga kosong dalam kerongkongan yang udah keisi. Maknyesss....!!

1 komentar: